Rekaman Seminar Online ISTECS Jepang berjudul “Eye Tracking dan Aplikasinya” yang diselenggarakan oleh WG-IEE ISTECS Jepang pada hari Sabtu, 15 Februari 2014.

 

Eye tracking adalah aplikasi yang kaya dengan implementasi. Selain sebagai alat antarmuka manusia dan komputer, eye tracking juga memiliki potensi yang sangat besar sebagai perangkat asistif untuk membantu para difabel dalam kehidupan sehari-harinya. Di sisi lain, beberapa peneliti juga menggunakan eye tracking sebagai alat untuk mendeteksi vertigo. Bagaimanakah sebenarnya aplikasi eye tracking di dunia kesehatan? Apa teknologi yang ada di balik eye tracking ? Bagaimana cara memulai penelitian di bidang eye tracking ?

Saya berkesempatan untuk menyampaikan sedikit paparan singkat mengenai eye tracking dan penelitian yang saya lakukan sejak tahun 2008 hingga saat ini dalam seminar online ISTECS. Alhamdulillah acara berjalan lancar dengan panduan Sdr. Abdur Rohman (Ibaraki University, Jepang), Sdr. M. Reza Kahar Aziz (Japan Advanced Institute of Science and Technology), Sdr. Radon Dhelika (Tokyo Institute of Technology), Dr. A’an Johan Wahyudi (Tsukuba University), dan Dr. M. Rasyid Aqmar (Osaka University, Jepang).

Berikut video presentasi yang direkam selama acara dengan Google Hangout: