IMG_8245

Belum lama ini saya berkesempatan menguji coba EyeTribe Tracker dan OGAMA versi 5.0 (Open Gaze and Mouse Analyzer) untuk fixation analysis dengan MacBook Air 13 Inch (Awal 2014) berprosesor 1.4 GHz Intel Core i5, RAM 4GB, dan OSX Yosemite (64-bit). Proses pengujian dilakukan dengan Parallels Desktop 10 (yes, saya harus menjalankan Windows 10, karena OGAMA saat ini hanya dikembangkan di atas platform Windows OS).

Pada awalnya, EyeTribe tidak dapat terkoneksi dengan baik ke EyeTribe Server. Saat itu saya menduga, ada konflik antara Windows dan Mac dalam mendedikasikan resource USB ke perangkat ini. Masalah ini bisa saya selesaikan dengan melakukan early mapping port USB yang digunakan oleh EyeTribe dengan melakukan konfigurasi di Parallels Desktop, sehingga pada saat EyeTribe dikoneksikan ke port USB, Yosemite OS akan mendelegasikan resource port tersebut ke Parallels Desktop sepenuhnya.

Permasalahan kedua adalah instalasi OGAMA versi 5. OGAMA versi baru ini menggunakan database SQLite karena berbagai permasalahan yang muncul pada versi sebelumnya saat software ini digunakan bersama Microsoft SQL Server. Saya cukup mengapresiasi perubahan signifikan ini. Instalasi OGAMA menjadi lebih sederhana dan koneksi database bisa dilakukan tanpa harus melakukan konfigurasi khusus, sebagaimana OGAMA versi sebelumnya. Permasalahan muncul karena SQLite perlu di-install dengan cara yang cukup ‘tradisional’, seperti menggunakan command prompt dan setting path pada Windows OS (hal yang mungkin tidak terlalu mudah dilakukan oleh orang dengan background non-IT). Tutorial yang ada di internet bagi saya sudah cukup memadai, namun proses setting path pada Windows edisi terbaru agak merepotkan :).

IMG_8246

Setelah 30 menit proses instalasi dan konfigurasi, saya akhirnya berhasil menjalankan EyeTribe dan OGAMA dengan baik. Saya juga mencoba mendisain sebuah slideshow singkat dengan tiga gambar untuk pengambilan data gaze fixation. Hasilnya cukup memuaskan. Oya, EyeTribe lebih robust mendeteksi bola mata dibalik kacamata bila dibandingkan dengan produk low-cost eye tracker lainnya.

Jadi, jika Anda memiliki bekal ilmu UX dan gaze analysis yang cukup, saya pikir tidak ada salahnya mencoba EyeTribe dan OGAMA versi terbaru di laptop Anda :-)